PAUD BINA MAHARDIKA

Mencetak Generasi Mandiri, Terampil berbekal IPTEK berlandaskan IMTAQ

Agar Anak Mandiri dan Bertanggung Jawab


Saat ini banyak orang tua yang masih harus sibuk dengan urusan sekolah anak mereka, seperti mengingatkan anak untuk mengerjakan PR, mengingatkan jadwal ujian, dan mencarikan guru les atau lembaga les agar anak mereka mau belajar dan mempersiapkan ujian.
Meminta anak untuk belajar dan mengetahui manfaatnya tidaklah cukup untuk medidik anak menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab. Menurut Thomas Lickona, ada tiga tahap yang harus dilalui :

1. Moral Knowing
Orang tua harus menumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya belajar dan pastikan anak memiliki alasan untuk mengapa mereka harus belajar.

2. Moral Feeling
Orang tua juga harus menumbuhkan rasa percaya diri pada anak akan kemampuan mereka dan mendidik anak untuk memiliki self control yang baik.

3. Moral Action
Pastikan anak memiliki kebiasaan belajar dan berprestasi dalam dunia pendidikan.
Dengan tiga tahapan tersebut, orang tua bisa memulai untuk menuntun anak menjadi mandiri dan bertanggung jawab akan tugasnya sendiri. Selain itu berikanlah tugas-tugas atau latihan konkrit agar anak bisa berlatih secara langsung. Berikut beberapa langkah praktis untuk membantu anak menjadi lebih mandiri.

  • Membiasakan anak merawat tubuhnya sendiri seperti mandi dan ganti baju setiap hari
  • Menata buku pelajaran sendiri
  • Mengerjakan PR sendiri dengan sesekali bertanya
  • Mengajari anak menyelesaikan masalah sehari-hari dengan temannya sendiri
  • Membiasakan anak merapikan tempat bermainnya setiap selesai bermain

0 komentar:

Posting Komentar

Post Populer